Halaman

Senin, 31 Desember 2012

BERWISATA DI WADUK SERMO

WADUK SERMO merupakan obyek wisata yang berada di kabupaten kulonprogo, tepatnya berada di Kawasan Bukit Menoreh, Dusun Sermo, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo atau kurang lebih 7 km di sebelah barat kota Wates. Perjalanan menuju Waduk Sermo tidaklah sulit, kondisi jalan yang kini sudah bagus  dapat ditempuh kurang lebih 15-20 menit dari kota Wates. Sedangkan jika menggunakan kendaraan umum, Anda bisa naik bus dari depan RSUD Wates, dan nantinya turun di Waduk Sermo. Waduk Sermo ini menjadi penyangga air bersih bagi ribuan warga Kulonprogo. Selain memiliki pemandangan alam yang sangat indah dengan latar belakang Pegunungan Menoreh, Waduk Sermo juga menjadi tempat favorit pemancing. Anda bisa berwisata sekaligus menyalurkan hobi memancing di tempat ini. 


Sebelum memasuki kawasan Waduk Sermo, Anda harus membayar retribusi masuk obyek wisata di pos TPR dengan tarif Rp 5.000,00 untuk bus dan truk, Rp 3.000,00 untuk mobil dan Rp 1.000,00 untuk sepda motor.  Sedangkan tarif masuk pengunjung dikenakan biaya Rp 2.000 per orang. Di area parkir Anda juga masih akan dikenakan biaya Rp 1.000,00 untuk sepeda motor, Rp 3.000,00 untuk mobil, dan Rp 5.000,00 untuk bus dan truk. Sedangkan jika Anda ingin menikmati keindahan atau bendungan Waduk Sermo lebih dekat dengan berkeliling, Anda bisa menggunakan perahu wisata. Biaya perahu wisata ini Rp 5.000,00 ( dewasa ) dan Rp 3.000,00 ( anak ). Perahu wisata ini akan diberangkatkan keliling waduk berpenumpang 5-10 orang dengan durasi waktu 20 menit. Untuk rombongan pengunjung yang ingin berkeliling waduk dengan menggunakan perahu wisata selama satu jam, tarif yang akan dikenakan sebesar Rp 100.000,00

Waduk yang bentuknya menyerupai jari tangan manusia, ini menjadi habitat berbagai jenis ikan air tawar, terutama ikan Nila. Setiap hari banyak pengunjung, baik dari dalam kota maupun luar kota, yang memanfaatkan Waduk Sermo ini untuk menyalurkan hobi memancingnya. Para pengunjung bisa memancing ikan sesuka hati sekaligus berwisata. Selain menawarkan wisata memancing Waduk Sermo ini juga menawarkan keindahan alam luar biasa. Di pinggir dikelilingi jalan berliku dan medan yang cukup menantang yang cocok untuk menyalurkan hobi bersepeda. Jadi, saat berkunjung ke Waduk Sermo, Anda mendapatkan dua keuntungan sekaligus, yakni menyalurkan hobi bersepeda maupun memancing, sambil menikmati pemandangan perbukitan Menoreh.

Waduk yang diresmikan oleh Presiden Soeharto 20 November 1996 silam memiliki pemandangan dan suasana yang cukup eksotik dan sekaligus menawarkan keindahan bendungan. Semilir angin pun bisa membuat Anda lebih bersantai sambil menikmati panorama waduk ini. Gardu pandang juga bisa Anda gunakan untuk bersantai ria sambil menikmati keindahan waduk dari ketinggian. Menikmati gardu ini tidak dikenakan biaya dan dijamin Anda dapat merasakan kesejukan dan kesegaran angin yang bertiup sepoi-sepoi. Selain itu, perahu wisata yang ada di waduk ini siap membawa Anda berkeliling menikmati keindahan bendungan yang menawan. Di waduk ini, keamanan dan ketertiban menjadi kewajiban antara pengunjung maupun petugas keamanan yang harus dijaga bersama. Untuk menjaga keamanan di area waduk, pos keselamatan pun disiapkan dengan menerjunkan tujuh orang anggota SAR setiap harinya yang siap menolong pengunjung jika terjadi sesuatu di kawasan bendungan ini.

Karya : Widya A1-11
Sumber foto : www.kotajogja.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar