Halaman

Minggu, 13 Januari 2013

PENTINGNYA INTERNET BAGI PELAJAR


                                      


Kecanggihan teknologi seperti smartphone, gadget dan akses internet dari rumah pun sekarang diperoleh dengan mudah dan dengan relatif murah . Internet merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi semua orang khususnya para pelajar untuk menambah wawasan dan pengetahuan. Internet tampaknya seperti pintu, bahwa ketika kita masuk, akan mendapatkan berbagai hal dari seluruh dunia. Tidak terbatas pada keterbatasan mata memandang, internet menawarkan kepada kami untuk dapat berkeliling dunia tanpa harus beranjak dari tempat duduk di depan layar monitor. Seolah-olah dunia internet tanpa batas ruang dan jarak. Melalui internet kita bisa mendapatkan banyak informasi terbaru tentang berbagai hal. Melalui Internet orang-orang dari berbagai belahan dunia dapat berbagi, berbicara, bertukar pikiran, bertukar pengetahuan dan tentu lebih banyak akan mendapatkan keuntungan internet yang bisa kita dapatkan.

Kini bisa dibilang internet menjadi wajib bagi berbagai kelompok masyarakat dan pemuda sebagai mayoritas pengakses internet terutama para pelajar. Sekarang Juga jauh lebih mudah di dapat dengan banyak bertebarannya warnet, sekolah yang menyediakan berbagai fasilitas dan memberikan pelajaran tentang dunia internet. Internet yang wajib untuk kita ketahui bersama dan terpenting khusus dunia pelajar dalam mendukung kegiatan belajar dan belajar di Indonesia. Sebenarnya, jika membicarakan efek positif dan negatif, semua aspek manapun pastinya pasti terdapat dampak positif dan negatif. Tetapi semua itu kembali pada diri masing-masing, bagaimana kita memanfaatkannya. Khusus kalangan awam atau orang-orang tua yang berada di pedesaan, banyak perpendapat bahwa dunia maya alias internet identik dengan hal-hal yang berbau negative. Sampai-sampai mereka para orang tua khususnya banyak sekali melarang anak-anaknya untuk mengakses dunia internet.

Beberapa manfaat internet bagi pelajar antara lain :
  • Menambahkan wawasan dan pengetahuan dari berbagai bidang dari seluruh dunia. Siswa juga manfaat yang sangat banyak yang dapat diambil, banyak informasi yang berhubungan dengan pelajaran yang bisa dipelajari di internet, dan tidak diperoleh di sekolah karena waktu mengajar terbatas guru. Bukan hanya dalam prestasi sekolah untuk dikejar, hanya mengejar nilai bagus di atas kertas, tanpa tahu apa yang harus dilakukan ke depan. Dengan begitu banyak wawasan yang didapat dari Internet, akan membuka jalan lebih luas berpikir dan maju.
  • Dapatkan banyak ide baru yang segar dan memiliki prospek yang baik di masa depan. Melepaskan terkukung pola pikir dan terpaku. Lihat informasi kemajuan dicapai dim negara lain dengan cepat, melihat keberhasilan orang lain, tips dan trik, yang bisa menjadi pendorong semangat belajar dan mencoba. Sarana komunikasi, Internet lebih canggih memungkinkan kita untuk berkomunikasi satu sama lain tanpa batas.  
  • Melatih siswa supaya mengetahui cara-cara penggunaan komputer. Harus buat tugas lewat Internet otomatis harus menggunakan yang namanya Komputer, misal mengirimkan email kepada seseorang otomatis harus menggunakan internet dan tahu caranya menggunakan email. 
  • Sebagai sarana komunikasi di dunia maya. Sarana komunikasi untuk bertukar informasi, bertukar pikiran, dan bisa juga bertukar materi pelajaran dengan teman di internet untuk menambah wawasan dan pengetahuan.  
  • Sarana bersosialisasi, keberadaan jejaring sosial seperti facebook dan twitter bisa untuk sarana bersosialisasi dengan teman di dunia maya. Facebook sangat mengasyikkan terkadang sampai lupa waktu bila sudah tenggelam dalam kegiatan selancar di facebook bersama teman-teman. Lewat jejaring sosial tersebut bisa untuk mencari teman-teman baru denagn segudang pengalaman dan wawasan serta ilmu pengetahuan baru yang beelum pernah didapat. Bahkan dari beberapa peristiwa, bisa juga untuk melacak keberadaan temen lama yang sudah terpisah sekian lama.
Sangat banyak manfaat dari internet yang bisa kita dapatkan. Tergantung kita untuk menggunakannya, selalu ada pilihan dari dua sisi yang berlawanan. Dan ini juga berlaku untuk hampir semua hal di dunia. Pelajar dapat memanfaatkan secara maksimal kegunaan internet dari segi yang positif. Para pendidik dan orang tua juga harus ikut serta agar dapat memantau perkembangan mereka sehingga mereka tidak akan berani membuka situs-situs yang negatif. Semoga kita bisa mengambil yang terbaik dari kemajuan teknologi, sisi positif dari manfaat internet. Serta dengan adanya situs-situs dengan konten edukasi online seperti ini dapat membantu para pelajar Indonesia untuk lebih mengoptimalkan manfaat positif dari internet.

Karya : Widya A1-11

Tidak ada komentar:

Posting Komentar