Halaman

Senin, 31 Desember 2012

MANFAATKAN GOOGLE APPS UNTUK PENDIDIKAN



GOOGLE sebagai salah satu perusahaan pioner di bidang internet saat ini telah memberikan fasilitas menarik bagi para aktivis di bidang pendidikan, baik itu seorang dosen, guru, mahasiswa, maupun pelajar sekolah. Fasilitas yang berisi berbagai aplikasi online bermanfaat terebut bernama Google Apps. Lebih menariknya lagi selain fasilitas bagi aktivitas belajar mengajar tersebut yang begitu bermanfaat, ternyata aktivis pendidikan tidak dipungut biaya sepeser pun untuk menggunakan Google Apps. Apa saja Google Apps yang bisa kita gunakan untuk mendukung aktivitas kegiatan pembelajaran  di kelas atau komunikasi dengan rekan-rekan kita? Berikut ulasan secara singkatnya.

Gmail, fasilitas dasar yang disediakan oleh Google untuk mengelola email. Fasilitas ini dapat kita akses setelah mempunyai akun gmail dengan mendaftar situs mail.google.com. Kapasitas memori yang disediakan oleh Google untuk satu pengguna adalah sebesar 25 GB. Kita bisa mengunggah file dokumen ( word, excel, powerpoint ) ataupun file tipe lainnya ( misalnya mp3, rar, pdf ). Adapun fasilitas upload file dalam gmail kita gunakan menu Google Drive.  

Google Talk, pengguna akun google dapat berkomunikasi dengan pengguna Google Apps lainnya. Fasilitas ini didukung dengan video call dan SMS. Video call yang disediakan oleh Google memiliki keunggulan support video konferens, sehingga rapat atau diskusi tidak harus hadir dalam satu ruangan. Artinya layanan ini mendukung efisiensi waktu dan biaya dalam komunikasi antar pengguna yang terpisahkan jarak. Fitur SMS juga disediakan oleh Google ke seluruh nomor operator seluler, sehingga memudahkan pengguna menghubungi rekan lain melalui SMS. Menariknya fitur SMS dari Google ini disediakan secara gratis. 

Google Calendar, ada yang menarik dan perlu dicobadari Aplikasi Calendar ini. Aplikasi Calendar dalam Google Apps memiliki interfice yang mudah digunakan dan terdapat berbagai pilihan interfice (misalnya agenda hari ini, seminggu, sebulan, setahun ). Selain itu fitur notifikasi yang disediakan oleh Calendar dapat berupa email maupun SMS. Fitur notifikasi dalam Calendar tersebut akan mencegah kita melupakan deadline tugas-tugas kita. 

Google Document, terkadang kita lupa membawa flashdisk tempat menyimpan dokumen atau hasil tugas kita. Akhirnya mau tidak mau kita harus pulang lagi ke rumah untuk mengambilnya. Cukup repot bagi orang yang rumahnya jauh dari sekolah atau kampus. Google telah menjawab permasalahan atu dengan adanya Aplikasi Google Document. Aplikasi ini memiliki keunggulan dapat membuat dokumen dan mengeditnya secara online, sehingga bila kita perlu file tersebut kita cukup menggunduhnya dengan bantuan internet. Ada satu keunggulan baru lain dari Google Document ini, yakni satu file bisa diakses dan diedit secara bersama-sama dalam satu waktu. Keunggulan ini mengefisiensikan waktu ketika kita mau mengerjakan tugas kelompok dan posisi anggota kelompok tidak memungkinkan bertemu dalam satu tempat.

Google Sites, cara mudah dan gratis untuk membuat dan berbagai laman web. Google Sites ini sksn membuat web secara otomatis sesuai tema yang telah disediakan. Aplikasi inibisa kita jadikan untuk membuat portofolio kegiatan atau presentasi yang kita miliki.

Di era digital yang semakin canggih, layak bagi kita untuk mencoba Google Apps untuk mendukung aktivitas dan profesi kita. Terpisah jarak bukan menjadi alasan lagi bagi kita kesulitan dalam komunikasi dengan rekan dan pengerjaan tugas-tugas kampus. ( Yusuf Mufti, PKSI UIN Sunan Kalijaga )

Sumber : Kedaulatan Rakyat Senin, 31 Desember 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar